Jelajah Cirebon Dalam 12 Jam



Salah satu hal yang bikin aku tidak suka naik kereta eksekutif adalah ukuran bangkunya, untuk badanku yang lumayan berisi bangku di kereta eksekutif cukup menyiksa karena ukurannya yang kecil dan terbatas. Berbeda sekali saat aku berpergian dengan kereta kelas bisnis dimana bangku di kereta kelas bisnis jauh lebih besar (lega) dan tanpa sekat, sehingga kita bisa leluasa untuk berekspresi *sesekali kayang, misalnya*. Dan ketidaksukaanku pada bangku kereta eksekutif makin menjadi pagi itu, betapa sial aku duduk bersebelahan dengan seorang bapak-bapak yang memiliki perawakan tinggi besar layaknya atlet rugby, jadilah selama perjalanan Jakarta-Cirebon ini dia mendominasi bangku kami. Badanku yang 'besar' kalah jauh dibandingkan perawakannya, tangan kirinya kerap kali melewati batas bangku yang telah dibuat oleh pabrikan kereta sehingga otomastis jatah bangkuku berkurang beberapa centimeter.



Jangan anggap aku berlebihan kawan, dan jangan anggap ini hal yang sepele, direbutnya jatah bangkuku yang beberapa centimeter tersebut berimbas pada kenyamanan. Aku menjadi tidak bisa tidur selama perjalanan pagi itu, padahal kan malemnya aku habis bergadang, puyeng dah jadinya. Selain itu, yang bikin puyeng banget adalah ada bagian dari tubuhku yang merintih karena kejepit tau !!! =(

Jam 9 pagi Cirebon Ekspress yang aku tumpangi tiba dengan mulus di Stasiun Cirebon, alunan gamelan menyambut para penumpang pagi itu, rupanya pemutaran musik tradisional ini merupakan salah satu khas dari stasiun Cirebon, manis sekali. Aku tidak tahu persis kenapa aku pergi ke Cirebon, kalaupun ditanya, jawabku adalah karena iseng saja. Ya, memang semuanya berawal dari iseng, beberapa hari sebelumnya aku iseng buka-buka website PT. KAI, dan lalu mulai mencari tiket kereta secara acak, hingga akhirnya aku menemukan tiket Cirebon - Jakarta dengan kereta Argo Jati seharga Rp. 150.000 di minggu malam. Sangat menarik, karena sebetulnya sudah sejak lama aku ingin jalan-jalan ke Cirebon, sejak seorang teman bercerita tentang nikmatnya menyantap empal gentong dan nasi jamblang disana. Akhirnya iseng akupun membooking tiket tersebut, isi beberapa data, lalu klik oke, transfer dan.....aku pun mendapatkan e-tiket via email. Ternyata semudah itu kawan =)

Tiket pulang aku sudah punya, tinggal tiket berangkatnya, setelah menimbang banyak faktor, akhirnya aku membeli tiket Cirebon Ekspress rute Jakarta - cirebon untuk keberangkatan Minggu pagi seharga Rp. 175.000. Maka total biaya yang aku keluarkan untuk ongkos kereta pergi pulang Jakarta-Cirebon ini adalah sebesar Rp. 325.000. Tidak bisa dibilang murah memang, tapi itu semua merupakan pilihan, tentu saja kamu bisa memilih naik bis untuk ongkos yang jauh lebih murah. Jadi tidak perlu diperdebatkan ya masalah biaya ini, lebih baik ambil segelas kopi panas dan gorengannya, duduk manis, ayo kita jelajahi Cirebon dalam waktu 12 jam saja.

Pukul 09.00 WIB : Stasiun Cirebon

Begitu tiba di stasiun Cirebon hal pertama yang aku lakukan adalah mencari toilet, berangkat pagi-pagi sekali membuat aku melewati `ritual pagi` yang biasa aku lakukan, untungnya tidak mules di kereta, jadi aku tidak perlu melakukan ritual pagi dengan bergoncang-goncang di dalam kereta =)

Setelah semua selesai aku keluar area stasiun dan berjalan kearah jalan raya di depan stasiun, Jl. Siliwangi namanya, dari situ aku berjalan kearah kanan, kenapa? karena sejauh mata memandang, diarah kanan lebih banyak gedung-gedung pertokoan dibanding arah kiri, maka aku menduga kearah kanan merupakan arah ke pusat kota Cirebon, dan ternyata ini adalah pilihan yang tepat.

Sepanjang perjalanan itu aku melihat beberapa bangunan menarik, antara lain Balaikota Cirebon dan Mesjid At-Taqwa yang berlatarbelakang sebuah gunung dan berada di alun-alun kejaksaan. Oiya, jangan khawatir dengan penginapan, karena disepanjang jalan dari stasiun Cirebon tadi banyak sekali penginapan-penginapan mulai dari kelas melati hingga berbintang, sayang aku tidak sempat untuk survey harganya =(

Entah karena hari minggu atau jalanan di kota cirebon memang sepi, yang pasti saat itu aku berjalan kaki dengan sangat nyaman, kendaraan pun sedikit sekali yang berlalu-lalang, ahh....suasana seperti inilah yang aku cari jika pergi dari Jakarta. 


Kantor Walikota Cirebon

Masjid At-Taqwa di Alun-alun Kejaksaan

Pukul 11.00 WIB : Keraton Kanoman

Lokasi pertama yang aku cari adalah Keraton Kanoman, jika kita tidak rajin bertanya, maka akan sulit menemukan letak keraton ini, karena keraton Kanoman terletak persis dibelakang pasar Kanoman, untuk sampai keraton kita harus masuk dan menyusuri pasar kanoman terus hingga belakang.

Jujur aku sedikit kecewa begitu sampai keraton, sungguh diluar perkiraan dan harapanku, bangunan putih dengan hiasan aneka keramik eropa di dindingnya tersebut seolah ingin menjerit dengan keadaannya, rumput liar yang mulai meninggi, sampah plastik yang berserakan, dan pintu masuk yang tidak jelas arahnya membuat pengunjung bingung. Dan begitu sampai didalam, hanya ada sebuah bangunan dengan nama Gedung Pusaka Keraton Kanoman Cirebon yang bisa dikunjungi, untuk masuk kedalam gedung tersebut pengunjung dikenakan biaya masuk (tanpa tiket) sebesar Rp. 5.000. Didalamnya kita bisa melihat benda-benda pusaka keraton termasuk tiga buah kereta kencana yang berdebu =(



Komplek Keraton Kanoman

Gedung Pusaka Keraton Kanoman

Komplek Keraton Kanoman

Porselen eropa yang menghiasi dinding



Pukul 12.00 WIB : Keraton Kasepuhan

Kekecewaanku membuat aku tidak terlalu lama berada di keraton Kanoman, aku langsung melanjutkan perjalananku selanjutnya dengan tujuan Keraton Kesepuhan yang terletak cukup jauh dari keraton Kanoman. Adzan dzuhur berkumandang pada saat aku tiba di sana, alhamdulillah, aku pun menunaikan ibadah solat dzuhur terlebih dahulu sambil mengistirahatkan kaki yang cukup terbebani di trip kali ini. Selesai solat dzuhur, aku langsung menuju keraton, tarif masuk keraton sebesar Rp. 8.000,- (tapi kali ini ada tiketnya).

Kawan, jika kamu berkunjung ke Cirebon dan berminat mengunjungi kedua keraton ini, saranku kamu kunjungi dulu keraton Kanoman baru sesudah itu Keraton Kasepuhan, karena di keraton kasepuhan ini kamu akan lebih bisa menikmati suasana keratonnya dibandingkan di keraton kanoman. Keraton Kasepuhan lebih tertata dan bersih, begitupun dengan lingkungan sekitarnya, jauh lebih rapih, dan yang pasti lebih banyak yang bisa kamu lihat di keraton kesepuhan ini. Lokasinya yang cukup luas membuat aku terus melangkah menuju belakang keraton, disana aku menemukan sebuah lokasi seperti kolam yang ditumbuhi pepohonan rindang, sejuk sekali, ada bangku taman yang cukup lebar disana, dibangku taman tersebut aku duduk mengistirahatkan penat. Suasana nyaman ditambah angin sepoy yang membelai wajahku mengundang kantuk seketika, dari duduk aku merubah posisi menjadi tiduran, dan aku pun tertidur.

Lebih dari 30 menit aku tertidur lalu terbangun oleh suara anak-anak yang sedang bermain, aku langsung memeriksa barang bawaanku, tas, dompet, kamera, handphone, alhamdulillah tidak ada yang hilang. Hehehehe....bisa-bisanya aku tertidur seorang diri di tempat terbuka seperti ini, cukup berbahaya memang =) 



Masjid Agung Kasepuhan

Tarif masuh Keraton Kasepuhan

Gerbang Masuk Keraton Kasepuhan

Komplek Keraton Kasepuhan

Komplek Kraton Kasepuhan

Komplek Keraton Kasepuhan

Komplek Keraton Kasepuhan

Komplek Keraton Kasepuhan

Komplek Keraton Kasepuhan

Komplek Keraton Kasepuhan

Komplek Keraton Kasepuhan

Komplek Keraton Kasepuhan

Komplek Keraton Kasepuhan


Pukul 16.00 WIB : Taman Sari Gua Sunyaragi


Aku langsung melanjukan perjalananku, keluar dari area Keraton Kasepuhan aku langsung mencari becak untuk mengantarkanku ke Taman Sari Gua Sunyaragi. Setelah tanya-tanya ke petugas tiket di Keraton Kasepuhan, aku dapat informasi kalau tarif becak dari keraton Kasepuhan ke Taman Sari Gua Sunyaragi adalah Rp. 10.000. Tapi tukang becak yang aku panggil ini meminta ongkos sebesar Rp. 25.000, Aku sudah berburuk sangka terhadap tukang becak ini, setelah tawar menawar, kami sepakat di harga Rp. 15.000, dan aku merasa menang hehehe.....

Namun baru setengah perjalanan, aku menyesal sekali sempat berburuk sangka pada sang tukang becak, dan aku menyesal menawar ongkos becak hingga Rp. 15.000, ternyata letak Taman Sari Gua Sunyaragi itu jauh sekali kawan. Bahkan sempat beberapa kali tukang becak ini berhenti menggowes lalu turun dari becaknya untuk mendorong becak karena jalanan menanjak, aku menyesal sekali. Setelah tiba di lokasi, aku sampaikan sesalku dan meminta maaf sambil membayar ongkos sesuai yang dia minta di awal.


Tiket masuk Taman Sari Gua Sunyaragi sebesar Rp. 8.000, apa itu Taman Sari Gua Sunyaragi?? Silahkan baca aneka info tentang Taman Sari Gua Sunyaragi di sini. Saat beristirahat aku tertarik dengan jalan raya yang lebar dan dilewati bis-bis besar di depan komplek Taman Sari Gua Sunyaragi ini, jangan-jangan untuk sampai lokasi ini bisa menggunakan angkutan umum, maka iseng aku tanya ke petugas loket disana adakah angkot yang menuju Cirebon? dan ternyata ada !!! keluar dari taman sari gua Sunyaragi kita akan bertemu sebuah pertigaan besar, lalu tinggal menyeberang dan tunggu angkot D4, ongkosnya Rp. 3.000 sajah. 



Komplek Taman Sari Gua Sunyaragi

Komplek Taman Sari Gua Sunyaragi

Komplek Taman Sari Gua Sunyaragi

Komplek Taman Sari Gua Sunyaragi

Komplek Taman Sari Gua Sunyaragi

Komplek Taman Sari Gua Sunyaragi

Komplek Taman Sari Gua Sunyaragi

Pukul 18.00 WIB : Empal Gentong dan Nasi Jamblang


Aku turun di sebuah perempatan besar dekat Grage Mall, ada informasi di seberang mall ini terdapat penjual nasi jamblang yang enak. Dan ternyata bukan hanya nasi jamblang yang ada disana, ada empal gentong juga. Alhamdulillah, sekali berhenti aneka makanan bisa dicicipi hehehehe.....


Pukul 20.00 WIB : Stasiun Cirebon


Kurang lebih satu jam setengah aku berwisata kuliner di sana, setelah sanggup untuk berjalan kembali aku naik angkot D6 untuk menuju Stasiun Cirebon, tarifnya tetap sama Rp. 3.000, dan sekitar jam 8 malam aku tiba di stasiun, aku langsung mencari toilet stasiun yang gratis untuk mandi dan berganti baju.

Pukul 21.00 WIB : KA Argo Jati Cirebon - Jakarta

Aku sudah duduk manis di bangku kereta, rasa lelah membuat aku tidak peduli dengan keadaan sekitar, tidak berapa lama setelah kereta berangkat aku pun terlelap. Sekitar pukul 23.00 kereta tiba di Gambir dengan selamat

12 jam yang menyenangkan di Cirebon, terima kasih cirebon untuk segala kehangatan dan makanan yang lezat.





Indonesia itu surga, kawan. Takkan pernah cukup usia untuk kita menjelajahinya !!!

Komentar

  1. trip sehari yang lumayan menguras tenaga pastinya.
    Baru tau kalo cirebon punya keraton seindah Keraton Kasepuhan, aku suka patung kudanya yang terbuat dari kayu.

    Dulu waktu ke cirebon, hanya City tour aja ma kuliner nasi jamblang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Akbar,

      Iya bener banget, capek banget ngetrip kayak gitu, tapi aku suka dan merasa passionku tersalurkan dengan berjalan kaki.

      Kasepuhan cukup menyenangkan, sayang untuk di lewatkan bar :))

      Hapus
  2. hanya dalam 12 jam, tapi hampir seluruh tempat yang menarik di cirebon bisa dikunjungi...luarbiasa :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, 12 jam cukup kok, banyak lebihnya malah hehehhe....ayo visit Cirebon :)

      Hapus
  3. awesome, cerita perjalanannya seru dan penyampaiannya menyenangkan. Kebetulan banget, gw memang lagi cari inspirasi untuk melakukan perjalanan di Cirebon, tengah bulan besok. Mohon ijin untuk adaptasi dan mungkin memodifikasi rute dari catatan perjalanan lo yah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terima kasih banyak mas, senang bisa berbagi. Silahkan banget, mari kita jelajahi Indonesia :)

      Hapus
  4. Mau empal gentong buat buka puasa, bisa kirim kan ???? #ngacoooKaburrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, berapa gentong?? heheheh

      Hapus
  5. whaatt hanya 12 jam? perjalanan yang ringkes ya tapi bnyak juga yang di kunjungi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, singkat tapi santai sih hehehhe....terima kasih sudah mampir mba :))

      Hapus
  6. Cirebon oke.Bokat arep gawe taman,kolam mini malis,kolam koi,kolam tebing,pemasangan batu alam,koral sikat,hubungi bae mene,081311 419948 atau 087710 667439 .pin 53BE242D.aja kelalen

    BalasHapus
  7. Pas nih, kamis bsk mau ke Cirebon. Terimakasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, selamat jelajah Cirebon =)

      Hapus
  8. Paket Tour Cirebon Hemat *Keraton Kanoman (Silent Palace)
    #‎TourCirebonHEMAT‬

    ITINERARY
    09.00 - 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 - 10.00 Melewati Bangunan Cagar Budaya *Jajanan Khas Cirebon
    10.00 - 11.00 Tour Keraton Kanoman
    11.00 - 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 - 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 - 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 - 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 - 17.30 Oleh - oleh Khas Cirebon
    17.30 - 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 - Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp370.000,- (5 Orang)
    Rp295.000,- (10 Orang)
    Rp245.000,- (20 Orang)
    Rp205.000,- (30 Orang)
    Rp185.000,- (40 Orang)
    Rp165.000,- (50 Orang)
    Rp145.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    · ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    · TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    · TOUR GUIDE
    · MAKAN PRASMANAN 1X (KHAS CIREBON)
    · JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    · AIR MINERAL 600ML
    · HTM OBJEK WISATA
    · LOKAL GUIDE

    RESERVASI & BOOKING :
    PLESIR WISATA GROUP
    0231-324282, 087710663947

    BalasHapus
  9. #PaketTourCirebonHEMAT
    Paket Tour Cirebon Hemat *Keraton Kanoman (Silent Palace)

    ITINERARY
    09.00 - 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 - 10.00 Melewati Bangunan Cagar Budaya *Jajanan Khas Cirebon
    10.00 - 11.00 Tour Keraton Kanoman
    11.00 - 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 - 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 - 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 - 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 - 17.30 Oleh - oleh Khas Cirebon
    17.30 - 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 - Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp370.000,- (5 Orang)
    Rp295.000,- (10 Orang)
    Rp245.000,- (20 Orang)
    Rp205.000,- (30 Orang)
    Rp185.000,- (40 Orang)
    Rp165.000,- (50 Orang)
    Rp145.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    TOUR GUIDE
    MAKAN PRASMANAN 1X (KHAS CIREBON)
    JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    AIR MINERAL 600ML
    HTM OBJEK WISATA
    LOKAL GUIDE

    RESERVASI & BOOKING :
    PLESIR WISATA GROUP
    0231-324282, 087710663947

    BalasHapus
  10. #PAKETCITYTOURCIREBON & #TOURCIREBONKUNINGAN2H1M

    #CityTourCirebon

    ITINERARY
    09.00 - 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 - 10.00 Makan pagi Nasi Jamblang Mang Dul / Ibu Nur
    10.00 - 11.00 Tour Keraton Kasepuhan
    11.00 - 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 - 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 - 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 - 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 - 17.30 Oleh - oleh Khas Cirebon
    17.30 - 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 - Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp 400.000,- (5 Orang)
    Rp 325.000,- (10 Orang)
    Rp 275.000,- (20 Orang)
    Rp 235.000,- (30 Orang)
    Rp 215.000,- (40 Orang)
    Rp 195.000,- (50 Orang)
    Rp 175.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    TOUR GUIDE
    MAKAN PRASMANAN 2X (KHAS CIREBON)
    JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    AIR MINERAL 600ML
    HTM OBJEK WISATA
    LOKAL GUIDE

    #TourCirebonKuningan 2H1M

    ITINERARY Hari 1
    09.00 - 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 - 10.00 Makan pagi Nasi Jamblang Mang Dul / Ibu Nur
    10.00 - 11.00 Tour Keraton Kasepuhan
    11.00 - 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 - 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 - 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 - 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 - 17.30 Oleh - oleh Khas Cirebon
    17.30 - 18.00 Menuju Hotel + Check In
    19.00 - 21.00 Makan malam RM Klapa Manis (Menu Sunda)
    21.30 - Kembali ke Hotel

    ITINERARY Hari 2
    07.00 - 09.00 Breakfast di Hotel + Check Out
    09.00 - 10.30 Tour Situs Purbakala Cipari
    10.30 - 12.00 Tour Museum Linggarjati
    12.00 - 13.30 Tour Ikan Dewa Cibulan
    13.30 - 15.00 Makan siang RM Ampera (Menu Sunda)
    15.00 - 16.30 Oleh - oleh khas Kuningan
    16.30 - 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 - Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp 1.045.000,- (5 Orang)
    Rp 1.035.000,- (10 Orang)
    Rp 745.000,- (20 Orang)
    Rp 725.000,- (30 Orang)
    Rp 705.000,- (40 Orang)
    Rp 685.000,- (50 Orang)
    Rp 645.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    TOUR GUIDE
    MAKAN PRASMANAN 4X (KHAS CIREBON + SUNDA)
    JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    AIR MINERAL 600ML
    HTM OBJEK WISATA
    LOKAL GUIDE

    #TourGuideCirebon Rp150.000,-/Day (12Hours)
    #OjekWisataCirebon Rp100.000,-/Pax/Unit + Driver + BBM + Parkir
    #WalkingTourCirebon Rp150.000,-/Pax + Guide Tour
    #BecakWisataCirebon Rp200.000,-/Unit + Driver
    #TaxiWisataCirebon Rp250.000,-/Pax (Min2Pax) Unit + Driver + BBM + Parkir

    Reservasi Booking :
    082127388347, 087710663947

    BalasHapus
  11. Mas adi mw nanya dong, di sekitar stasiun cirebon ada wisata kuliner kah? Ky empal gentong atw nasi jamblang n oleh² khas cirebon nya, ada g di situ? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mba, beberapa minggu yang lalu saya kebetulan kembali ke Cirebon. Saya makan empal gentong di rumah makan Putera Mang Darma depan Stasiun Cirebon Kejaksan.

      Kalau oleh-oleh rasanya tidak ada, mba.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Harga Rmpal Gentong ny brapaan mas perporsi? 😂 Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kisaran Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000

      Hapus

Posting Komentar