Kastil Eropa Bergaya India di Malaysia




Menurutku tidak ada nilai sejarah atau peristiwa heroik yang melekat pada bangunan ini, usia dan bentuk bangunannya yang unik lah yang menjadi daya tarik untuk mengunjungi Kellie`s Castle. Bahkan ketika aku tiba disana, malah cerita mistis seputar bangunan itu yang mulai menjadi bahan jualan pengelola. 


Kellie`s Castle
berada di Negara Bagian Perak, Malaysia. Aku mengunjungi tempat ini bersamaan dengan kesempatanku untuk jalan-jalan di Kota Ipoh. Letak Kellie`s Castle dari kota Ipoh tidak terlalu jauh, aku menggunakan kereta ETS seharga 6 RM dari Stasiun Ipoh menuju Stasiun Batu Gajah yang berjarak 10 menit perjalanan, dan dari stasiun Batu Gajah kita harus menggunakan taksi untuk menuju Kellie`s Castle. Sepengetahuanku tidak ada angkutan umum di Batu Gajah ini, taksi pun hanya ada tiga unit, dan tarif yang mereka tawarkan adalah sama, 20 RM sekali jalan. Begitu tiba di Kellie`s Castle, jangan lupa untuk meminta nomor telepon sang sopir taksi, mintalah jemput padanya saat nanti kita akan kembali ke stasiun Batu Gajah.

Tiket masuk Kellie`s Castle untuk orang asing adalah sebesar 10 RM, bangunan ini adalah sebuah kastil (istana) yang dulu difungsikan sebagai tempat tinggal keluarga William Kellie Smith, seorang pengusaha berkebangsaan Skotlandia yang sukses membangun kerajaan bisnisnya di tanah melayu. Dibangun sekitar tahun 1910-an, kastil ini mengadaptasi arsitektur istana Moghul di India, bahkan tukang-tukang yang membangun kastil didatangkan langsung dari India. Setelah cukup mapan dengan bisnis perkebunan dan tambangnya, William Kellie Smith membawa istrinya yang bernama Agnes untuk tinggal di Malaysia, mereka dikaruniai dua orang anak Helen dan Anthony. Kebahagian William akan kelahiran Anthony, anak lelaki yang sangat dia dambakan membuat dia memutuskan untuk memperluas istananya. Sayang pembagunan perluasan istana itu tidak pernah selesai, sehingga kini hanya menyisakan tembok yang menjulang tinggi dengan pondasi-pondasinya.

Bangunan Kellie`s Castle sangat unik, aku sangat menyukainya, bahkan cenderung jatuh cinta padanya, berada disana bagai berada di sebuah kastil Eropa. Bangunannya kuno berdinding batu bata merah dengan aroma yang khas, dari gerbang kita harus melintasi sebuah jembatan berwarna gading yang membentang melintasi sungai kecil, halaman rumput yang hijau menyambut setiap tamu yang datang, kandang kuda tua akan kita lewati saat menapaki tangga-tangga batu menuju area dalam kastil, menjelajahi lorong-lorong kastil dan mengunjungi setiap kamar-kamar yang berada disana sangat menyenangkan. Saat tiba di puncak kastil, mata akan dimanjakan oleh hamparan hijau perkebunan yang berada di sekitar bangunan tua itu.



Kellie`s Castle tampak depan

Kellie`s Castle tampak depan

Kellie`s Castle tampak depan

Sungai yang melintasi halaman depan Kellie`s Castle

Lorong-lorong di Kellie`s Castle

Kellie`s Castle

Kellie`s Castle

Kellie`s Castle

Kellie`s Castle

Numpang narsis ya gan =)

Diorama ruang keluarga Kellie

Diorama ruang keluarga Kellie

Pondasi yang gagal menjadi bangunan tambahan Kellie`s Castle

Pondasi yang gagal menjadi bangunan tambahan Kellie`s Castle

Pondasi yang gagal menjadi bangunan tambahan Kellie`s Castle

Balkon atas Kellie`s Castle

Pemandangan sekitar dari balkon atas Kellie`s Castle

Pemandangan sekitar dari balkon atas Kellie`s Castle

Brosur acara mistis-mistisan =)

Brosur acara mistis-mistisan =)

Banner publikasi acara mistis-mistisan =)

William Kellie Smith

Kellie`s Castle

Seperti di India yak hehehe

    - Ipoh, Malaysia 20 April 2014 -

Komentar

  1. cakep, kak. kayak di eropa. padahal malaysia ya. apalagi yang foto Balkon atas Kellie`s Castle

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, setuju sekali. Saya suka berada disana hehehhe....terima kasih sudah mampir ya Ila =)

      Hapus
  2. Menarik bangetttt... ternyata Perak nggak kalah ama kota heritage yang lain. Sempet cobain night tour-nya juga?
    Salam kenal kawan :-)

    BalasHapus
  3. Salam kenal mas @halim_san, terima kasih banyak sudah mampir hehehe....Perak (terutama kota IPOH-nya) memang memiliki beberapa bangunan tua, dan pariwisata yang mereka tawarkan pun konsepnya hampir mirip Penang atau Melaka, cuma memang belum dikelola dengan baik, dan untuk Kellie`s Castle sendiri terletak diluar kota IPOH

    BalasHapus
  4. ternyata ada "dunia lain" juga di sana mas, hahaha

    BalasHapus
  5. Iyes, menurut brosur itu malah Kellie`s Castle pernah dijadikan lokasi acara program paranormal-paranormal gitu di salah satu stasiun TV Malaysia :)

    Terima kasih Farida sudah berkunjung ke blog saya :)

    BalasHapus
  6. Eh aku baru tau nich, kapan2 boleh disamperik kalo ada yg bayarin ke malay haha #TetepNgarepGratisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. #TetepNgarepGratisan yee ommm, saya juga mau dong kalo ada yang gratisan :D

      Hapus
    2. Kalo bisa gratis, knp mesti bayar ???? hahahaha

      Hapus
    3. Iyes, bener banget, saya diajak ya om Cumiiii =)

      Hapus

Posting Komentar