7 Langkah Mudah Dapatkan Tarif Hotel Murah

#YourTripYourPrice by Travelio.com

Pajak adalah beban biaya pasti yang akan kita keluarkan saat melakukan perjalanan, pajak yang dimaksud bisa berupa pajak bandara, pajak tiket, pajak restoran bahkan pajak sewa kamar hotel. Selain pajak, beban biaya lainnya yang menjadi pengeluaran kita selama melakukan perjalanan adalah sebuah ketidakpastian, dan ketidakpastian tersebut bisa menimbulkan ketakutan bagi seorang pejalan. Tidak cermat mengatur atau merencanakan biaya perjalanan, kantong akan menjadi kering saat pulang ngetrip.


 
Dalam merencanakan atau melakukan sebuah perjalanan, kita bisa membagi rencana pengeluaran menjadi empat bagian besar, yaitu transportasi, makan, tiket objek wisata dan penginapan.

Keempat bagian tersebut adalah sebuah ketidakpastian, kita hanya bisa meramalkan dan berharap kita beruntung bisa mendapatkan deal harga terbaik. Namun sebenarnya, ketidakpastian tersebut sepenuhnya bisa kita siasati, disinilah asyiknya menyusun sebuah rencana perjalanan.

Seperti saat akan melakukan sebuah perjalanan dari satu kota ke kota lainnya, kita bisa bebas memilih transportasi apa yang akan kita gunakan, naik pesawat kah, kereta, bis atau bahkan mungkin naik kapal laut. Kita bisa mempertimbangkan transportasi terbaik apa yang akan kita gunakan dengan pengeluaran yang sedikit mungkin. Naik pesawat misalnya, pasti sudah banyak pejalan yang beruntung dan terbantu dengan aneka program tiket promo dari berbagai maskapai penerbangan. Harga yang didapat bisa setengah dari harga normal bahkan gratis, alias mendapatkan tiket Rp. 0,-

Biaya tidak pasti selanjutnya adalah biaya makan. Beban biaya ini memang tidak pasti, namun sepenuhnya berada dalam kendali kita. Gaya makan seperti apa yang akan kita jalani, semua bergantung pada diri kita. Beban biaya makan adalah beban biaya yang paling mudah diatur, bagi yang tidak terlalu suka mencoba berbagai makanan lokal saat melakukan sebuah perjalanan, pasti akan lebih ringan mengatur pengeluaran. Namun bagi pecinta kuliner, tentu harus menyiapkan dana lebih untuk mencicipi makanan lokal daerah yang dikunjungi.

Bagian ketiga dari rencana pengeluaran biaya perjalanan yang merupakan sebuah ketidakpastian adalah biaya tiket masuk objek wisata. Biaya ini pun bisa kita siasati agar kita bisa mendapatkan harga termurah, khususnya untuk objek wisata di luar negeri. Singapore dan Kuala Lumpur adalah contoh terbaik dalam hal ini. Banyak objek wisata utama di kedua kota itu yang bisa kita nikmati tanpa perlu mengeluarkan biaya, misalnya Patung Merlion di Singapore dan Twin Tower di Kuala Lumpur.

Beban biaya terakhir saat kita merencanakan atau melakukan sebuah perjalanan adalah biaya penginapan. Untuk mendapatkan harga termurah kita bisa melakukan pencarian melalui situs pencarian kamar hotel. Biaya yang diberikan oleh situs pencarian kamar hotel biasanya adalah harga pasti, jika beruntung kita akan mendapatkan harga khusus dari mereka melalui aneka program keanggotaanya (membership), namun harga khusus ini jarang sekali terjadi.

Harga pasti bukan berarti harga mati, beban biaya penginapan pun kini bisa kita tentukan sendiri. Melalui situs travelio.com kita bisa menawar tarif kamar penginapan yang ditawarkan. Kita bisa menentukan sendiri berapa biaya yang ingin kita bayarkan untuk menginap di suatu penginapan.

Yup, kini bukan hanya saat belanja tas lucu di Petaling Street kita boleh menawar, saat ingin menginap di sebuah hotel pun kita bisa menawar tarifnya. Menawar suka-suka kita,  asal jangan Rossa (tega) apalagi Afgan (sadis).

Jadi apa itu travelio dan bagaimana cara menggunakan situs travelio.com agar perjalanan kita menjadi lebih murah?

Mudah saja, pertama kita tinggal masuk ke situsnya yang beralamat di travelio.com. Disana kita akan menemukan tampilan dinamis seperti tampak pada gambar 1.

Gambar 1. Tampilan muka situs travelio.com

Namun untuk menggunakan fasilitas travelio.com kita harus registrasi terlebih dahulu dan untuk selanjutnya kita akan bertransaksi dengan menggunakan akun yang kita buat. (Gambar 2)

Gambar 2. Login dengan menggunakan akun yang kita buat untuk bertransaksi di travelio.com

Setelah login, kita tinggal memilih akan menginap atau mencari hotel didaerah mana dan tanggal berapa kita akan menginap (gambar 3).

Gambar 3. Masukkan tanggal dan kota tempat hotel yang kita tuju berada

 Selanjutnya pilih hotel yang kita inginkan, seperti tampak pada gambar 4.

Gambar 4. Pilihan hotel

Klik "tawar sekarang" maka kita diberi kesempatan untuk menawar tarif kamar hotel sesuai yang kita mau (gambar 5)


Gambar 5. Masukkan tawaran

Jika penawaran kita diterima, si Lio akan loncat kegirangan seperti tampak pada gambar 6

Gambar 6. Lio yang girang karena tawaran kita diterima


Selanjutnya kita tinggal memasukkan data diri untuk kemudian menyelesaikan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Setelah selesai, lembar pemesanan akan dikirimkan ke alamat surat elektronik kita. 

Tanda bahwa semua proses penawaran hotel sudah kita selesaikan akan tampak seperti pada gambar 7

Gambar 7. Notifikasi pemesanan kamar hotel

Selesai. Pelayanan yang cepat, mekanisme yang mudah, bebas biaya tambahan dan biaya yang sangat flexible.

Selamat mencoba =)

Komentar

  1. Kmrn aku nyobain, dapat selisih 15 ribuan dari website tetangga :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan kak, 15 rebu-nya bisa buat beli es doger hihiihihi

      Hapus
  2. Posting review promosi ya kak hehe?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi. Tapi postingan ini ditulis karena suka juga sih sama proses booking hotel via travelio.com. Unik soalnya :)

      Adi

      Hapus

Posting Komentar