Cara Baru Menikmati Wisata Kota Semarang

Bus Semarjawi, wahana wisata baru di Kota Semarang


Pak Triyono mulai menjalankan tugasnya pagi itu, bus tingkat (double tram) yang dikemudikannya perlahan meninggalkan tempat parkir Taman Sri Gunting seiring dengan pedal gas yang diinjaknya. Hari kedua Workshop Travel N Blog di kota Semarang ini, para peserta diajak untuk menikmati salah satu wahana wisata yang belum lama diresmikan di Kota Semarang, yaitu Bus Semarjawi.



Bus Semarjawi yang merupakan singkatan dari "Semarang jalan-jalan wisata" adalah bus tingkat wisata berkapasitas 40 orang yang mulai melayani para wisatawan sejak diresmikan penggunaanya oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi pada 28 Oktober 2014. Dalam operasional sehari-hari, bus Semarjawi dikelola oleh Lembaga Swadaya Masyarakat ERTIM Indonesia. Selain untuk berwisata, bus Semarjawi diharapkan dapat memberikan pendidikan mengenai sejarah kota Semarang kepada para penumpangnya.

Bus ini akan membawa wisatawan menikmati kota Semarang dari sudut yang berbeda. Rute yang dilalui bus Semarjawi merupakan rute yang memiliki nilai sejarah cukup tinggi bagi kota Semarang. Wisata dengan bus Semarjawi akan dimulai dari Kota Lama, tepatnya di Taman Sri Gunting yang terletak di sebelah Gereja Bledug dan akan melewati Tugu Nol Kilometer Semarang, Jalan Pos, Jalan Pemuda hingga akhirnya bus berputar di  Tugu Muda lalu kembali ke Kota Lama Semarang.

Desain bus Semarjawi dibuat menyerupai tram di Eropa |
Sumber foto : www.semarjawi.com

Terik matahari yang menyengat seolah bukan penghalang bagi kami untuk tetap riang selama perjalanan. Suara Dimas dan Nurul yang bergantian memandu kami menjadikan perjalanan tersebut penuh makna dan pengetahuan. Dengan lugas mereka menerangkan dan memberikan informasi kepada kami tentang berbagai titik dan gedung bersejarah lengkap dengan penggunaannya di masa lalu dan kini.

Bus Semarjawi merupakan sebuah program Corporate Social Responsibility persembahan dari PT. Telkomsel, untuk bisa menikmati perjalanan dengan bus Semarjawi penumpang dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,- (weekday) dan Rp. 15.000,- (weekend). Sedangkan untuk jam operasional dan pembelian tiket bus Semarjawi, bisa dilakukan dengan langsung mengunjungi situs mereka yang beralamat di www.semarjawi.com

Komentar

  1. Sangat menyenangkan ya Mas bisa tahu sejarah-sejarah bernilai tinggi di sana. Jujur saya pun ndak akan bosan selama pengemasannya menarik dan terus berinovasi. Semar Jawi akan bisa berkembang lebih baik seiring terus berbenahnya Kota Lama seperti yang dicita-citakan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung sih, jumlah bis yang hanya satu dan terik matahari yang sangat panas bisa menjadi ancaman bagi eksistensi semarjawi. Perlu ada inovasi untuk itu :)

      Hapus
  2. Tahun lalu saya ke semarang belum ada ini,
    Pengen banget ngerasain rasanya keliling semarang semarjawi.
    Ide Dinas Pariwisata Semarang patut ditiru oleh kota lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...bener banget, Kota Lama Semarang perlu lebih dikembangkan lagi :)

      Hapus
  3. panas kak ...panas panas mana payunggggggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget om Cumiiiii....Kalo ke Semarang jangan lupa pake sunblock heheheh

      Hapus
  4. Bisnya keren bangeeeet, aku mauuuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, semoga kelak bus Semarjawi ini makin banyak jumlahnya =)

      Hapus
  5. semakin bagus ya fasilitas untuk berwisata di Semarang

    BalasHapus

Posting Komentar