Keindahan Terasering Majalengka

68 comments
Terasering Argapura, Majalengka | difoto oleh Domenico

Kuku jemariku seketika membiru saat kubasuh lengan dengan air di kamar mandi. Linu terasa tulangku dan bulu-bulu halus di tengkuk berdiri merinding. Aku merasakan sensasi yang tidak pasti. Aku terperajat, melenguh, lalu membeku.

Sensasi 5 detik yang kemudian mengundang tawa kebodohan ini telah lama tidak kurasakan. Aku terbahak membayangkan raut wajahku sendiri beberapa detik yang lalu. Wajah bodoh yang menjadi lucu saat air membasahi lenganku. Air yang sangat dingin di sebuah desa di kaki Gunung Ciremai. Air tanah dari Desa Argalingga.

Berada di desa ini seperti sedang berada di kampung Nenek di daerah Kuningan, Jawa Barat. Karakter daerah yang sama, suku yang sama, warga yang ramah dan lokasi desa yang sama-sama berada di kaki Gunung Ciremai membuatku langsung kerasan berada di Desa Argalingga.

Desa Argalingga berada didalam wilayah Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Potensi wisata Majalengka mungkin memang belum terlalu banyak dibicarakan dikalangan pejalan maupun penghobi fotografi. Padahal cukup banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di daerah penghasil sayuran ini. Setidaknya yang berada disekitar Desa Argalingga, desa tempat kami menginap.

Keindahan terasering Argapura, Majalengka.

Sejuk dan sedap dipandang mata | difoto oleh Aldian

Sejauh mata memandang, ketenangan yang ku dapat

Pagi yang sehat, berjalan-jalan diantara hijau daun

Sabtu, 11 Juni 2016. Hari baru saja berganti, jarum jam belum lama mensejajarkan diri di angka 12. Mobil Elf Long Sasis yang kami tumpangi mulai berjalan pasti meninggalkan pelataran parkir. Terasa nyaman mobil yang kami tumpangi, mungkin karena banyak ruang yang tersisa. Aku memilih untuk duduk didepan, menemani Pak Aris yang mengemudikan mobil menuju Majalengka. Perbincangan ringan mengalir antara aku dan Pak Aris, mulai dari pengalaman puasa masing-masing hingga membicarakan bisnis penyewaan kendaraan yang kian hari kian berkembang. Pada satu titik, kami berdua terdiam. Habis sudah bahan pembicaraan. Tidak lama kemudian aku pun tertidur, meninggalkan Pak Aris bersama sepi dan gelapnya malam.

Perjalanan kali ini kami lakukan disaat sebagian dari kami menjalankan ibadah puasa. Aku sendiri awalnya ragu, apakah bisa aku menikmati perjalanan disaat berpuasa? Namun akhirnya aku memutuskan untuk ikut. Jika tidak, bagaimana aku bisa tahu rasanya jalan-jalan sambil berpuasa? Dan ternyata aku bisa. Asal dapat mengelola nafsu dengan tepat, baik puasa maupun jalan-jalan ternyata tidak saling mempengaruhi. Keduanya bahkan cenderung saling melengkapi. Jalan-jalan dapat menjadi pengisi waktu berpuasa yang bermutu dan berpuasa menjadikan jalan-jalan menjadi penuh makna.

Kami tiba di Kota Majalengka setelah menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan. Di Kota ini kami bertemu dengan Kang Okka, dialah yang akan menjadi pemandu kami selama di Majalengka. Perjalanan dari Kota Majalengka ke Desa Argalingga kami tempuh dalam waktu 1 jam. Santap sahur kami lakukan dalam perjalanan ini. Sungguh tidak mudah karena kami harus makan sembari menjaga keseimbangan mengikuti irama laju mobil yang menanjak dan berkelok-kelok.

Adzan Subuh telah lama berlalu, kami pun telah bersiap untuk menuju lokasi pertama dari perjalanan ini.  Dipandu Kang Okka kami menuju daerah Panyaweuyan, Argapura, yang merupakan kawasan pertanian penduduk lokal. Pertanian di Panyaweuyan ini sangat unik, karena tidak dilakukan di tanah datar yang lapang, melainkan di punggung-punggung bukit sehingga membentuk terasering yang indah. Jika Bali punya terasering padi, maka Majalengka punya terasering bawang dan sayuran lainnya yang tidak kalah cantiknya.

Panorama terasering Argapura, Majalengka

Damai dan damai

Hijau-hijau di sekitar Terasering Argapura, Majalengka

Tuhan telah ciptakan, kita wajib menjaganya | foto milik Mark Dohar

Terasering Argapura, Majalengka, kelak akan mendunia | difoto oleh Yudi

Berjalan bersama, menikmati segala keindahan

Terasering ini adalah pertanian warga. Roda ekonomi dan penghidupan warga Argapura bergantung dari hasil pertanian ini. Jadi merusak tanaman yang ada disini, sama dengan merusak perekonomian dan penghidupan warga Argapura. Bijaklah saat berkunjung menikmati pemandangan di Argapura, berjalanlah sesuai dengan jalan yang telah ditentukan. Jangan sampai satu foto yang kita unggah di media sosial meninggalkan jejak yang berimbas pada derita bagi banyak orang.

Puas menikmati pagi di Panyaweuyan, kami melanjutkan perjalanan ke Hutan Pinus yang terletak di Bumi Perkemahan Panten, Argalingga. Keunikan dan keindahan khas hutan pinus menjadi santapan pagi yang bergizi bagi para fotografer. Kabut pagi yang masih terjebak diantara pepohonan menambah eksotisme hutan pinus Argalingga. Sungguh pagi yang menyenangkan.

Gerbang Bumi Perkemahan Panten, Argalingga

Suasana pagi Hutan Pinus Argalingga

Pagi yang damai di Hutan Pinus Argalingga

Berfoto bersama di Hutan Pinus Argalingga | foto dari kameranya Sonya

Suasana sekitar penginapan, tampak latar belakang adalah Gunung Ciremai

Perkebunan warga di sekitar penginapan

Perkebunan sayuran warga di sekitar penginapan

Ngabuburit dengan naik kuda

Saat malam datang, kami pun mengejar bintang
 | foto Milky way oleh Aldian

Lokasi menarik lainnya yang kami kunjungi dalam perjalanan kali ini adalah Curug Ibun Pelangi dan Telaga Nila. Curug Ibun Pelangi adalah air terjun yang dikelola swadaya oleh warga setempat. Untuk menuju air terjun ini tidaklah terlalu sulit, jaraknya hanya 5-10 menit berjalan kaki dari tempat parkir mobil. Namun memang, medan jalan menuju air terjun ini cukup melelahkan, karena berupa turunan atau tanjakan dan sedikit jalan mendatar. Jika bukan bulan puasa, mungkin akan banyak warung yang berjualan di Curug Ibun Pelangi. Ini terlihat dari banyaknya lapak yang berdiri disana.

Butuh ekstra keberanian untuk menikmati keindahan Curug Ibun Pelangi tepat dari bawahnya, karena air terjunnya terletak di lekukan yang sangat sulit dijangkau. Debit air yang deras pun membuat kami harus mengurungkan niat untuk melihat air terjun ini tepat dari bawahnya. Kami cukup puas menikmati sisi lain Curug Ibun Pelangi, sisi yang oleh warga setempat dinamai Grand Canyon-nya Majalengka. Sebutan Grand Canyon mungkin timbul karena dinding-dinding batu yang mengelilingi air terjun ini. Memang dinding-dinding tersebut terlihat kokoh dan indah, seperti panorama Grand Canyon di Amerika yang aku lihat melalui kartu pos dan film-film Hollywood.

Gerbang masuk Curug Ibun Pelangi

Suasana Curug Ibun Pelangi

Grand Canyon -nya Majalengka

Keren!! | foto dari kameranya Sonya

Keindahan Curug Ibun Pelangi

Sekitar Curug Ibun Pelangi

Lapak pedagang di Curug Ibun Pelangi

Tangga terakhir yang harus dilewati
untuk bisa sampai di bagian bawah
Curug Ibun Pelangi

Jalan/tangga yang harus dilalui untuk menikmati keindahan Curug Ibun Pelangi

Medan jalan menuju atau dari Curug Ibun Pelangi

Dari Curug Ibun Pelangi kami menuju Telaga Nila. Kelihaian Pak Aris dalam mengemudikan Elf Long Sasis benar-benar diuji saat menuju Telaga Nila. Bagaimana tidak, jalanan menuju Telaga Nila sangatlah sempit dan curam. Bahkan kami sempat berjumpa dengan jalanan yang berbelok tajam lalu menanjak sangat tinggi. Namun bersyukur, kengerian dalam perjalanan tersebut terbayarkan oleh keindahan Talaga Nila.

Takjub. Hanya itu yang aku rasakan saat melihat Telaga Nila dengan mata kepala sendiri. Bukan takjub karena keindahan alam sekitar Telaga Nila, apalagi dengan adanya bangunan rumah beserta tembok pagar dipinggir telaga yang membuat Telaga Nila terlihat seperti empang belakang rumah. Tapi aku justru takjub karena air telaga yang tidak terlalu besar ini sangatlah unik. Airnya jernih dan berwarna biru kehijauan. Pantulan bayangan pepohonan dari seberang telaga yang tampak pada air telaga, menambah kecantikan Telaga Nila.

Telaga Nila dengan airnya yang hijau kebiruan

Suasana Telaga Nila yang tenang cocok untuk tempat merenung
| difoto oleh Sari

Takjub!!

Telaga Nila di Majalengka

Mungkin ini pertama kalinya aku melihat telaga dengan air biru kehijauan. Entah apa yang membuat air telaga ini menjadi biru kehijauan, yang pasti tidak ada racun yang terkandung dalam air telaga. Ini dibuktikan dengan banyaknya ikan yang menjadi penghuni telaga.

Berfoto dalam perjalanan pulang di hutan bambu | foto dari kamera Aldian

Dalam perjalanan pulang, kami menempuh rute yang berbeda dari saat kami pergi. Perjalanan pulang melewati kawasan Sindang yang memiliki pemandangan persawahan berpadu dengan perbukitan yang menakjubkan. Sayang waktu kami tidak banyak saat itu. Mungkin suatu hari nanti aku akan kembali untuk mengunjungi tempat-tempat indah lainnya di Majalengka. Ini bukan janji, tapi doa dalam hati.

Bagi yang tertarik dan ingin mengunjungi Majalengka, silakan hubungi:
Okka Supardan
Telp/WA 0813 9572 8007

-Majalengka, 12 Juni 2016-
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

68 komentar

1. massssss.... iku membiru, melenguh, membiru itu piye.... ada yang nolongin ngga di kamar mandi? hehehehe

1. Sulit aku juga jelasinnya....pokoknya geli-geli enak gitu deh ahahahahhahaha

Hapus
  2. mas....itu kok keren-keren semua ya. Kok selama ini ga pernah kepikiran melipir ke Majalengka, dan nikmatin keindahannya. Selama ini selalu kepikirannya Majalengka panas banget (maklum beberapa kali lewat pas siang hari dan pas cuaca terik). Selesai baca ini mau langsung tunjukin suami ahhhh, pasti bakal pengen banget itu moto-moto Telaga Nila :D Makasih banyak mas info nya. Nambah list destinasi lagi....

1. Sama-sama.....

Saya juga terkejut saat tiba di Majalengka dan melihat segala keindahan alamnya. Peson pariwisata Majalengka patut diperhitungkan :)

Hapus
  3. Paling suka lihat pemandangan alam seeprti itu.. seger rasanya..

1. Setuju mbak, rasanya pikiran pun melayang hahahhahaha

4. Huaaaa mupeng....
    naik gunung pas puasa, kmarin pengen bgt, tp blm jadi. Nggak ada cerita horor, tp mlh keliatan keindahan dr Tuhan....

Maaf lahir batin

1. Maaf lahir batin...

Sering naik gunung mbak? ahhh...aku iri :D

Hapus
  5. Subhanallah.... indah sekali...
    Duh, aku jadi bingung mau bilang apa. Apalagi bersama teman-teman.

Dan, saya senang jika potensi wisata desa tergarap bagus. Ah... kudu belajar dari mereka

Balasan
    1. Putra-putri daerah harus semangat untuk mengembangkan potensi wisata daerahnya. Kadang-kadang terbalik, mbak. Wisatawan lebih tau potensi wisata suatu daerah dari pada penduduk lokalnya hehehehe

Hapus
  6. Keindahan alam ciptaan Tuhan memang abadi ya mas, ternyata ngetrip pas puasa itu seru juga ya mas, belajar segalanya. Majalengka yang indah alamatnya :)

Balasan
    1. Iyes....jadi kerajingan ngetrip saat puasa :)

Hapus
  7. ooh uwa oka, waktu itu sempet nginep juga mas adi di rumahnya uwa, baik bgt sampe jadi guide selama disana :D

1. Saudaraan sama kang Okka, De? manggilnya uwa? hehehehehe

8. Beh foto2nya asyik banar
    Sejuk
    Selamat ya kak sudah bisa olahraga sambil puasa
    Hihihihihihi

1. Adeeemmmmm banget di Majalengka, Mas. Ayo ke Majalengka :D

Hapus
  9. waahh tempatnya indah sekali, boleh juga nih lokasinya dijadikan sebagai list untuk tujuan liburan nanti :D hehehe

BalasHapus
  10. waahh tempatnya indah sekali, boleh juga nih lokasinya dijadikan sebagai list untuk tujuan liburan nanti :D hehehe

11. Aduh kak, itu keren banget tempatnyaaa...sumpah pengennnnn...bagus banget postnya 😍

Balasan
    1. Setuju....Majalengka emang keren Kak Nova :)

12. Balasan
    1. Iyess....pesona wisata Majalengka masih asri, belum banyak yang tahu :)

13. Waaaaahh, indahnyaaaa 😱😍 saya paling suka dengan dokumentasi langit malamnyaaaa! Selama ini belum pernah mampir ke Majalengka, tapi suatu hari nanti semoga... semoga :')

BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

15. di telaganya bisa berenang nggak sih kak?
    kontak person yang dikasih itu bisa nemenin paradigling juga kah?
    lagi cari info paradigling dimajalengka soalnya... huft.

Balasan
    1. Sebetulnya ada larangan gak boleh berenang, tapi kemarin pas kami kesana ada beberapa anak kampung situ yang loncat ke telaga hihihihihi...

Wah, saya gak tahu tuh. Coba dikontak deh kang Okka nya, Bena.

Hapus
  16. Asli fotonya cakep banget..saya yang orang Kuningan saja belum sempat main ke sana..patut dicoba πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

1. Lah....Kuningan na dimana? abdi ti ciawi gebang :D

Hapus
  17. Whooaaa itu pegunungan bagus banget suasananya masih hijau banget kak. Kapan kapan coba main kesana ah siapa tau bisa menenangkan diri disana

BalasHapus
  18. ahhh bikin pengen daki aja ngeliat suasana malemnya, ditambah Telaga Nila nya biru gitu hee
    jadi pengen ngetrip ke majalengka hee

19. Aduuuuuhh tempat-tempatnya bagus banget buat foto-fotoooo. Aku gemeesss. Apalagi itu dapet milky way, pake kamera apa tuh kak foto milky waynya? Pake kamera hp bisa nggak, ya?

Bener-bener gemes sama keindahannya, ih. Apalagi tempatnya dingin sejuk gitu ya, kak? Bisa dimasukin list tempat yg harus dikunjungi nih kalo entar mau nge-trip. πŸ˜„

Balasan
    1. Kemarin teman-teman saya pakai Sony Alfa :)

20. Yess, blog Mas Adi bikin mupeng ������
    Trs foto yg di sawah pakr senternya juga bagus. Aah, pokoknya mau yang beginian juga, hahahaha

21. Waah ke tetangga kampung halaman aku >.<
    Hehehe
    Kapan kapan maen ke sumedang juga atuh

BalasHapus
  22. Wah, sebagian foto pemandangannya kayak di daerah sebelahku hehe. Bukan kak adi kalo nggak bikin pengen lewat ceritanya yang detail dan foto fotonya yang indah. Lets go kak! Hahaha

23. Subhanallah, keren banget bekgronnya.. eh btw saya baru ngeh green canyon masuk wilayah Majalengka juga? Kirain masuk Ciamis, Pangandaran.. atau kedua-duanya emang masuk ya

24. Terasering dan wisata lainnya indah sekali. Ciptaan Tuhan memang tiada duanya ya

Balasan
    1. Alhamdulillah kita hidup di bumi Allah yang gemah ripah loh jinawi :)

Hapus
  25. Masya Allah, keren banget tempatnya. Terasering dan telaga nila begitu menggoda. Ga disebutkan (atau saya terlewat) tentang harganya ya mas??

Btw, kalau mau nyoba air dingin _yang rese banget_ sesekali kalau waktunya sesuai, main ke rumah mertua saya mas. Di Banjaran, Bandung. Rese juga airnya.

Balasan
    1. Kemarin saya dan kawan-kawan (sekitar 10 orang) patungannya sekitar 450.000, mas. Sudah termasuk mobil dan penginapan.

Hapus
  26. Indah nian ka pemandangan nya, hutan pinusnya, perkebunan sayurnya, terasering argalingga nya paling top dah.

Udah nyobain makanan khas Majalengka nya ?
    Jalakotek itu enak yaa ?

#kandida

1. Jalakotek? Wah...kayaknya musti balik lagi ke Majalengka nih

Hapus
  27. Telaganya, masya Allah.. Allahuakbar, indahnyaaaa.. Memang untuk melihat pemandangan alam, butuh waktu dan perjuangan yang luar biasa ya mas. :')

1. Konon surga tidak lah dekat dan butuh perjuangan untuk mencapainya hehehehhe

Hapus
  28. KA ADI AKU MAU KESINI😭 tapi belum sempat karena gak ada temen nya wkwkw.
    Teraserinh nya itu loh yg bikin mupeeng. Tapi kok aku baru tau ada telaga nya.
    Ini trip hanya utk sehari atau ada acara nginep nya? Atau berkunjung ke beberapa destinasi itu dalam sehari atau dua hari?

Balasan
    1. Nginep semalam. Kalau one day trip bakal capek banget kayaknya.

29. Awalnya aku pikir majalengka cuma kota panas πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Kok itu keren2 banget sih, sawah, Hutan, telaga sama danau! Pingiiinnn kesana. Share itinenary dan kebtuhannya nya dong mas 😊

Balasan
    1. Kota Majalengka nya mungkin memang panas, tapi daerah Argapura nya dingin :)

Hapus
  30. Tempatnya indah banget kak, jajaran teraseringnya adem banget di mata.
    Keindahan bintang-bintangnya pas malam hari, keindahan curugnya..

Ini bisa dijadikan salah satu destinasi wisata di majalengka mas adi, kalo boleh aku ngasih saran, kenapa tidak kamu usulkan saja tempat indah ini ke pemda kab majalengka ? biar bisa dikelola oleh pemda, kan lumayan bisa menambah pemasukan daerah..

Hutan pinusnya, terasering, dan curugnya bisa dijadikan destinasi utama :)))
    (sebatas saran saja)

Balasan
    1. Kemarin yang dampingi kita adalah komunitas yang memang konsen di kemajuan pariwisata Majalengka. Banyak ide-ide yang kami bagikan ke mereka. Semoga mereka berdaya dan Majalengka semakin maju :)

Hapus
  31. Itu hutan pinusnya pas di shoot walpaper-able banget. Hhahaha...
    Terus ada yang bikin light saber lagi, gokil abis!
    Eh, kalo moda transportasi ke sana pake apa ya om?

Balasan
    1. Kemarin kita sewa mobil. Angkutan umumnya belum memadai.

Hapus
  32. Ini kayaknya daerah yg belum terjamah sebagai tempat pariwisata, ya maS? Bersih banget soalnya. Justru tempat begini yg asik dikunjungi. Asri, hijau, dan perawan. Foto2mu ciamik, mas! Bikin aku ingin nyemplung di curug

BalasHapus
  33. Itu semua di majalengka kak?
    Wah keren ya selama ini kalau dengen Majalengka itu langsung inget lagu dangdut :D

Btw, tempatnya masih asri banget ya, terutama telaganya duh airnya. Curugnya juga keliatan seger apalagi hutan bambu itu ah semuanya bisa jadi tempat wisata baru jika dikelola dengan baik yaa...

Balasan
    1. Iya, itu semua sedikit dari sekian banyak potensi wisata di Majalengka. Ayok kapan-kapan kita ke Majalengka :)

34. telaganya cakep banget bang, jd pengen nyebur, hehe

BalasHapus
  35. serius kemarin saya baru naik ke gn ciremai melalui jalur palutungan kuningan
    kalau tau dari awal ada terasering seperti itu di majalengka, mungkin jalur yang saya lalui akan berubah lewat desa apuy, sekalian bisa mampir ke tempat itu
    nice mas,, jadi mupeng ke sana