Tokyo Cubo, Penginapan Kapsul dengan Konsep Ala Japang di Bandung


Bagiku Bandung selalu menjadi tempat pelarian yang tepat di akhir pekan. Kota ini mudah dijangkau dari Jakarta dan udara paginya jauh lebih segar dari pada udara pagi yang biasa aku resapi. Bandung adalah kota dengan banyak bangunan tua yang memanjakan mata. Aku suka itu. Kecintaanku pada Bandung bertambah karena di kota ini masih banyak orang-orang yang bikin aku bahagia saat bertemu dengan mereka.

Bandung menjadi kota favoritku untuk berakhir pekan, terutama saat tidak ada kegiatan berat dan hanya rebahan di penginapan alias staycation. Di kota ini ada beragam jenis penginapan dengan keunikan dan fasilitas mereka masing-masing. Salah satunya adalah Tokyo Cubo, sebuah penginapan kapsul dengan konsep ala Japang.

Lokasi

Tokyo Cubo terletak di Jalan Pendawa No. 2, Arjuna, Pasir Kaliki, Kota Bandung. Lokasinya sangat dekat dengan Stasiun Bandung, bahkan dari stasiun kita bisa mencapai Tokyo Cubo dengan berjalan kaki. Tokyo Cubo tidak berada di jalan utama Pasir Kaliki. Saat tulisan ini dibuat, kita bisa menjadikan bangunan Indomaret dan Restoran Rijstafel sebagai patokan lokasi karena Tokyo Cubo berada di belakang kedua bangunan tersebut.

Tokyo Cubo tampak depan
 

Salah satu yang saya suka dari lingkungan Tokyo Cubo adalah banyaknya penjual makanan. Ini jelas memudahkan kita dalam memilih makanan untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Tepat di samping Tokyo Cubo, terdapat kedai kopi kekinian yang buka sejak sore hingga malam hari. Di sisi lainnya ada penjual martabak yang sepertinya cukup laris, terlihat dari banyaknya pengemudi ojek daring yang mengantre untuk mengambil pesanan konsumen dari penjual martabak tersebut.

Proses Check-in

Proses check-in di Tokyo Cubo tidaklah sulit, terutama jika kita sudah melakukan pemesanan kamar terlebih dahulu. Untuk kunjungan pertama petugas resepsionis akan meminta kartu identitas kita guna dilakukan pencatatan. Lalu petugas juga akan meminta uang deposit sebesar Rp50.000 yang akan dikembalikan pada saat kita check-out. Tentu dengan catatan tidak ada barang hotel yang kita rusak atau hilangkan. Di masa pandemi, proses check-in dilengkapi dengan pengecekan suhu tubuh tamu dengan menggunakan thermo gun.

Resepsionis Tokyo Cubo

Saat kita diantar menuju kamar, petugas akan memberikan tur singkat tentang fasilitas yang ada di Tokyo Cubo. Mulai dari letak ruang bersama atau common room, mushala, letak lemari atau locker, letak kamar mandi, hingga password wi-fi dan cara penggunaan key card.


Area Common Room Tokyo Cubo

Area Common Room Tokyo Cubo

Ruang tidur

Tempat tidur di penginapan ini disebut Cubo, merupakan plesetan dari bahasa inggris Cube. Ada tiga jenis kamar di Tokyo Cubo, yaitu Ginza yang diperuntukkan khusus untuk perempuan, Shinjuku khusus untuk laki-laki, dan Harajuku untuk kamar campuran.

Kamar dan locker di Tokyo Cubo

Cubo atau tempat tidur di Tokyo Cubo

Seperti layaknya penginapan dengan konsep kapsul, dalam satu kamar di Tokyo Cubo juga berisi beberapa tempat tidur kapsul. Kapsul di Tokyo Cubo sangat menyenangkan, karena penerangannya yang bagus, tirainya yang sangat gelap, tersedia selimut, dan ukuran kapsul yang cukup besar sehingga sangat leluasa bergerak.

Kamar Mandi

Ada banyak kamar mandi di Tokyo Cubo, dan terpisah antara kamar untuk mandi (shower) dan kamar untuk kebutuhan buang air besar. Kebersihannya cukup baik, minimal lantainya tidak licin saat aku mandi di sana. Sirkulasi air panas dan dingin yang keluar dari shower pun bagus.

Area Kamar Mandi di Tokyo Cubo

Area Wastafel Tokyo Cubo, Nyaman untuk Menyikat Gigi

 

Di luar kamar mandi terdapat wastafel terpisah yang bisa dimanfaatkan untuk sekadar cuci muka atau menyikat gigi. Penginapan juga menyediakan pengering rambut yang dapat kita pergunakan. Selain itu, tamu juga akan dipinjamkan handuk bersih untuk mandi. Senang rasanya jika ada penginapan dengan biaya terjangkau yang memasukkan handuk ke fasilitas mereka. Karena buat aku membawa handuk dari rumah itu cukup memakan tempat di dalam tas dan rasanya tidak nyaman membawa handuk basah di sisa waktu jalan-jalan kita setelah check-out dari penginapan.

Tarif Menginap

Ini yang cukup istimewa, tarif menginap di Tokyo Cubo sangat terjangkau. Di bawah Rp100.000 per malam!

Saat aku menginap akhir pekan lalu, aku melakukan pemesanan kamar melalui online travel agent (OTA) dan mendapatkan harga Rp89.100 saja. Itu harga akhir pekan loh, untuk hari kerja atau weekday besar kemungkinan tarif menginapnya jauh lebih murah lagi.

Tokyo Cubo, Bandung

 

Menurut informasi dari petugas resepsionis, biasanya mereka punya promo spesial. Khusunya untuk tamu yang menginap lebih dari dua malam. Kamu bisa tanyakan langsung ke petugas saat menginap nanti ya.

Tokyo Cubo akan menjadi pilihan utamaku saat kembali berkunjung ke Bandung suatu hari nanti. Apa yang aku butuhkan dari sebuah penginapan dengan tarif terjangkau, rasanya sudah terpenuhi semua oleh Tokyo Cubo. Semoga pandemi segera berakhir, dan kita semua bisa jalan-jalan lagi.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

Jakarta, 24 September 2021

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar