[Macau] Terpukau Museu de Macau


Gerbang masuk Museu de Macau

Saat kapal cepat yang kutumpangi dari Hong Kong merapat di dermaga Macau, gairah untuk segera menjelajahi Macau begitu menggebu. Banyak tempat menarik yang ingin aku kunjungi di Macau, tempat-tempat menarik tersebut aku ketahui dari berbagai tulisan para blogger maupun situs wisata macau berbahasa Indonesia yaitu id.macautourism.gov.mo.

Tempat pertama yang aku kunjungi adalah Museu de Macau, ini adalah musium nasionalnya Macau yang terletak tepat di sebelah kanan Ruins of St. Paul`s. Entahlah, apakah memilih Museu de Macau sebagai pilihan pertama untuk aku kunjungi merupakan sebuah kesalahan atau justru ini pilihan yang tepat. Yang pasti, begitu aku memasuki gerbang Museu de Macau aku sungguh terpukau.

Bentuk gerbang yang memadukan unsur lampau dan kekinian dibangun sangat menarik, dinding tinggi yang rayapi oleh akar pohon memberikan kesan petualangan ala Indiana Jones. Begitu memasuki gerbang, tangga jalan akan menjadi akses kita untuk naik menuju lobby musium.


Tangga jalan menuju lobby Museu de Macau
 
Lobby Museu de Macau
Suasana lobby Museu de Macau

Dengan tiket masuk seharga MOP 15, Museu de Macau memberikan pengunjung gambaran tentang Macau yang disajikan dengan apik dalam 3 lantai. Yaitu Macau di masa lalu pada lantai 1, tradisi dan adat istiadat Macau seperti upacara keagamaan dan berbagai festival tradisional yang digambarkan melalui aneka diorama cantik di lantai 2, dan gambaran kekinian Macau secara negara (wilayah) maupun kehidupan sosial masyarakat di lantai 3.



Suasana Museu de Macau

Koleksi Museu de Macau

Suasana Museu de Macau

Koleksi Museu de Macau

Penjelasan koleksi musium dalam bentuk interaktif sangat menarik

Koleksi Museu de Macau

Diorama koleksi Museu de Macau

Koleksi Museu de Macau


Suasana Museu de Macau



Penjelasan koleksi musium dalam bentuk interaktif


Diorama koleksi Museu de Macau

Diorama koleksi Museu de Macau

koleksi Museu de Macau

Diorama koleksi Museu de Macau
Museu de Macau


Aku terpukau dengan apa yang kulihat dan temukan di Museu de Macau, pendapatku ini adalah salah satu musium terbaik yang pernah aku kunjungi, pengelola musium terlihat sangat serius untuk menampilkan Macau melalui musium ini. Semoga suatu hari nanti aku akan bisa kembali mengunjungi dan menghabiskan hari di musium ini.


 - Macau, 13 Agustus 2014 -




Komentar

  1. *uhuk* waktu itu ke sini, tapi berhubung waktu sempit *kejar-kejaran sama waktu mau balik lagi ke HK* jadinya ga masuk, cuma main di taman atas.
    Ternyataaa isinyaa kereeennn *aku menyeesaaalll*

    BalasHapus
  2. Keren museumnya kak Mei, menurut saya ini salah satu museum terbaik yang pernah saya kunjungi. Duh, cemburu luar biasa kepada negara lain yang serius ngurusin museum nasionalnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar