Lombok, Aku Kembali !!!



Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
(Al-Quran, surah Ar-Rahman)


Tak henti aku bersyukur atas nikmat Tuhan dalam perjalananku kali ini.

Hal-hal baru dan menyenangkan serta kaya akan makna menjadi cenderamata tak ternilai saat aku kembali.



Alarm pada blackberry ku berbunyi nyaring, 02.00 angka yang tertulis pada layar. Hawa dingin peralihan musim menyapa saat aku membuka pintu kamar, malas sekali untuk segera mandi.

Beberapa hari yang lalu aku mendapatkan sebuah surat elektronik yang mengejutkan, isinya adalah :

"Selamat, anda terpilih sebagai salah satu dari tiga peserta terbaik dalam kompetisi menulis yang diadakan oleh Lombok Sumbawa World Travel Writers Gathering. Anda akan mendapatkan fasilitas : tiket PP ke Lombok, hotel, Lombok tour, dan workshop. Mohon untuk segera mengirimkan: copy KTP dan no hp sebagai persyaratan untuk kami mempersiapkan akomodasi perjalanan anda. Pengumuman bisa di lihat di www.twgathering.com atau di fan pagefb  world travel writer gathering ..Terimakasih"

Penipuan macam apalagi ini, pikirku saat itu. Maka langsung aku abaikan pesan tersebut dan melanjutkan membaca pesan-pesan lain yang masuk kedalam kotak masuk e-mail ku. Malam harinya saat hendak tidur aku kembali memeriksa e-mail masuk, ini sudah menjadi semacam kebiasaaan sebelum aku tidur, saat itulah aku kembali melihat pesan dengan subjek PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA yang memang belum aku hapus. Tertarik, maka aku membuka pesan tersebut dan membacanya lagi, aku baca lagi, dan baca lagi untuk ketiga kalinya, masih tidak percaya dengan apa yang aku baca, maka aku membuka tautan yang ada pada pesan tersebut dan ..... aku bersyukur pada-Nya.


Penerbangan pagi membuatku harus bangun dini hari, menggigil saat mandi, dan melewatkan tayangan Insert pagi. Namun yang paling menyebalkan dari penerbangan pagi adalah aku harus menggunakan taksi untuk mencapai bandara. Mahal T_T

Luar biasa waktu yang ditempuh dalam perjalanan dari rumah kos ku menuju bandara pagi ini, hanya 25 menit. Keriuhan terminal 1A bandara Soekarno-Hatta menyambut saat aku tiba, antrian masuk baik di mesin x-ray maupun di konter check-in sangatlah ramai. Keramaian penerbangan pagi pun berlanjut ke dalam pesawat, kursi kosong pada pesawat yang aku tumpangi menuju Lombok ini dapat dihitung dengan jari. Semoga ini menjadi hal yang baik bagi upaya peningkatan kunjungan ke Lombok =)

Ini kali kedua aku mengunjungi Lombok setelah sebelumnya aku pernah mengunjungi Lombok di bulan Mei 2013. Kunjungan kali ini terasa sangat spesial, karena biaya perjalananku ada yang menanggung, alias GRATIS. Tulisan yang aku kirim (Baca : Melihat Permainan "Feeding Frenzy" Secara Nyata) untuk mengikuti sebuah kompetisi menulis berhasil menjadi salah satu dari 3 tulisan terbaik katagori artikel pada ajang Lomba Foto dan Menulis World Travel Writers Gathering 2014.

World Travel Writers Gathering 2014 adalah sebuah sebuah kegiatan yang diadakan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), rangkaian kegiatannya berupa kompetisi foto dan tulisan, workshop travel blogger, serta tur wisata ke Lombok dan Sumbawa. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 12 - 16 November 2014 ini merupakan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Nusa Tenggara Barat, salah satu caranya adalah dengan mengajak dan mengundang para travel blogger dunia dan nasional, fotografer, para penggiat media sosial, dan masyarakat umum yang memiliki kepedulian kepada kemajuan pariwisata NTB.

Workshop Travel Blogger yang diadakan pada hari pertama menghadirkan pembicara-pembicara yang luar biasa, aku sangat beruntung bisa mengikuti presentasi tentang menulis blog dari blogger keren, mas Yudasmoro. Materi Travel Photoblogger dari mas Barry Kusuma, dan travel videography dari mas Sutiknyo (Tekno Bolang). Materi-materi bermanfaat serta foto-foto dan video yang mereka bertiga tampilkan berhasil membuatku serta puluhan peserta workshop lainnya terperangah.

Mas Yudasmoro sedang memberikan materi
Materi Travel Photoblogger dari mas Barry Kusuma
Closing session keren dari mas Sutiknyo, video-video yang dia
tayangkan benar-benar racun trip yang memabukkan =)

Pukul 08.00 WITA aku tiba di Bandara International Lombok (BIL) yang khas, kekhasan berupa kisah warga yang menjadikan bandara ini sebagai objek wisata tentu sudah tidak asing di telinga para pejalan. Konon, banyak warga lokal yang mendatangi bandara dengan tujuan berwisata, dan Layaknya tempat wisata, dipelataran parkir bandara pun banyak warga yang berdagang aneka makanan dan minuman ringan dengan hanya beralasakan potongan terpal. Menarik, orang-orang ini berwisata dengan melihat orang-orang yang datang untuk berwisata =) 

Aku yang satu pesawat dengan mas Yudasmoro dan mas Sutiknyo, bertemu pemenang lomba menulis lainnya di BIL, adalah Lulu Wulandari seorang blogger asal Sumbawa yang tiba di BIL lebih awal dari kami. Dengan mobil jemputan, kami berempat diantar menuju lokasi acara di Hotel The Jayakarta Lombok yang terletak di kawasan wisata pantai Senggigi.

Di lokasi acara inilah aku bertemu dengan mas Barry Kusuma yang telah tiba di Lombok pada hari sebelumnya, aku juga bertemu dengan blogger dari Bandung yang sama-sama beruntung menjadi 3 terbaik dalam kompetisi menulis blog pada event ini, Zahra Rabbiradlia. Selain itu, aku pun berkenalan dengan Rifqy Faiza Rahman yang karya fotonya dengan judul Merah Putih di Kenawa berhasil menjadi salah satu dari tiga foto terbaik pada ajang lomba foto world travel writer gathering. Menjelang tengah malam seorang peserta lagi baru bergabung, mas Adi Wiratmo yang kebetulan satu kamar denganku adalah seorang fotografer asal Surabaya yang fotonya juga berhasil menjadi salah satu dari 3 foto terbaik ajang ini.  



Senja Senggigi





Video keren diatas adalah karya dari Rifqy Faiza Rahman


Lombok, aku kembali. Dengan berjuta rasa yang tersembunyi.
Kelak Senggigi akan bersaksi. Kala hati berhenti mencari.

-Pantai Senggigi, Lombok, NTB, 14 November 2014-

Komentar

  1. Wow...penipu drmana y krim email itu?...jika itu tipuan..maka akulah penipu itu..hahaha..:)
    miss u kk kembar...*eh kembar unyu kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha...iya kak, maafkan diriku yang sempat menuduh email darimu. Biasa kak, sekarang suka banyak penipuan dengan modus seperti itu. Btw, terima kasih ya atas segala kebaikannya di Lombok, doakan saya bisa kembali menyapa Lombok, amin.

      Hapus
  2. Kapan aku diajak jalan bareng ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiihhhh....terbalik atuh kakak....saya yang mustinya nanya, kapan kak Cumi ngajak aku ngetrip?? hehehehe

      Hapus
  3. kapan2 kita ngebolang ke jakarta ah...
    membuktikan secara langsung, bener gak sih jakarta maceet..
    hihihi
    :D

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Sama-sama Rifqy, terima kasih sudah boleh masukin video karya Rifqy untuk melengkapi artikel ini hehehehe

      Hapus
  5. aku pengen ke lombok gak kesampean2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya doakan semoga bisa segera travelling ke Lombok, mas Wahyu. Kalau perlu GRATIS hehehehhe.....amin

      Hapus
  6. uwwiiiihh kerenn, aku malah ga ngeh loh pas pengumumannya hahahah *suka skip emang*
    mauu lagi dong tulisan ttg lomboknyaa *nambah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir kak Mei, doain tulisan tentang lomboknya bisa nambah hehehehhe

      Hapus

Posting Komentar