Ngelelet, Seni Menghias Batang Rokok ala Lasem


Ada satu pengalaman atau pengetahuan unik yang saya dapat dari perjalanan saya ke Lasem, Jawa Tengah pada awal Desember 2018 yang lalu. Pemandu saya kala itu, mas Franky Andyantho, mempertontonkan cara merias rokok yang umum ditemukan di kalangan masyarakat Rembang dan sekitarnya. Kegiatan tersebut di kenal dengan istilah Ngelelet.

Kegiatan Ngelelet adalah kegiatan menghias/melukis/mengukir batang rokok dengan media ampas kopi. Terlihat mudah, namun ternyata butuh keterampilan dan kesabaran yang tinggi untuk bisa Ngelelet.

Sesungguhnya tidak ada filosofi khusus dari kegiatan ini. Ngelelet versi saya adalah `memperlambat` atau `melambatkan waktu`, yang secara harfiah diartikan sebagai kegiatan mengisi waktu luang yang dilakukan setelah menikmati segelas kopi. Entah ada hubungannya atau tidak, kopi terkenal di Lasem pun bernama Kopi Lelet.

Ampas kopi dan batang rokok yang sudah dihias

Saya tidak merokok, bahkan cenderung membencinya. Tapi kegiatan seni menghias batang rokok dengan ampas kopi ini sungguh sesuatu yang indah dan menyenangkan hati.

Saya mengabadikan proses Ngelelet yang dilakukan mas Franky lewat video berikut ini.



Terima kasih telah membaca. Semoga berbahagia.

Lasem, 7 Desember 2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar