Jelajah Tiga Pulau Dalam Satu Hari

38 comments

Bau amis yang menyengat dan jalanan becek khas pasar ikan menyambut kami saat tiba di Muara Kamal, beberapa dari kami langsung menutup hidung berharap tidak terlalu banyak mencium aroma tidak sedap tersebut. Bising suara pedagang dan klakson motor serta deru mesin pesawat yang akan mendarat bergantian menghias irama pagi. Kehidupan pagi pasar Muara Kamal inilah yang kami jumpai saat akan menuju pelabuhan untuk menyeberang ke Kepulauan Seribu.

Kami bergegas menuju sebuah masjid di tengah pemukiman yang dijadikan titik kumpul rombongan. Kami tiba pukul 08.00 pagi setelah sebelumnya melewati perjalanan yang cukup jauh. Untuk menuju pelabuhan Muara Kamal, aku dan beberapa teman menggunakan bus Transjakarta dan turun di halte Rawa Buaya. Keluar halte lalu menyeberang maka akan kita jumpai banyak mobil carry omprengan yang akan mengantar kita ke pasar Muara Kamal dengan tarif sebesar Rp. 7.000,-.

Pagi itu aku bergabung dengan banyak orang lainnya untuk mengikuti sebuah perjalanan wisata ke tiga pulau yang merupakan bagian dari gugusan pulau di Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Kelor, Pulau Cipir dan Pulau Onrust. Ini bukanlah perjalanan wisata biasa, perjalanan ini merupakan Charity Trip yang digagas oleh Komunitas Indocharity, sebuah komunitas atau organisasi non-profit yang aktif bergerak dibidang pendidikan anak-anak tidak mampu.

Meniti jembatan bambu menuju perahu

Bocah Muara Kamal

Saat ini Komunitas Indocharity berencana untuk mengadakan sebuah kegiatan bertajuk KUMPUL BOCAH yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Mei 2015 di Monumen Nasional (Monas) dan Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta. Kegiatan yang berbentuk bakti sosial, lomba tari dan lomba permainan tradisional ini ditujukan untuk peserta didik dari bimbingan belajar anak jalanan dan anak marjinal di Jabodetabek. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk turut melestarikan seni dan budaya Indonesia serta mengenalkan kembali tarian dan permainan tradisional Indonesia kepada anak-anak.

Pulau Kelor, Pulau Cipir dan Pulau Onrust

Pulau pertama yang kami singgahi adalah Pulau Kelor, pulau yang unik karena terdapat sebuah benteng cantik peninggalan Belanda. Pulau Kelor sempat ngehitz karena dulu ada pasangan selebritis menikah di pulau ini. Jika kita mengunjungi pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu dan berangkat dari pelabuhan Muara Angke, maka kita akan bisa melihat Pulau Kelor dan bentengnya dari kejauhan. Benteng yang ada di Pulau Kelor itu bernama Benteng Martello, yang tersisa saat ini hanyalah bagian menara benteng yang besar, kokoh dan berbentuk bulat. Perilaku pengunjung yang menaiki jendela-jendela benteng untuk berfoto sangat disayangkan, padahal larangan untuk menaiki benteng terpasang dengan jelas disana. Sepertinya butuh waktu lebih lama serta usaha lebih keras lagi untuk membuat masyarakat sadar dan dapat memperlakukan benda peninggal sejarah dengan baik.

Benteng Martello di Pulau Kelor

Pengunjung menaiki jendela Benteng Martello =(

Pintu masuk Benteng Martello
Papan larangan di depan Benteng Martello

Dari Pulau Kelor kami menuju Pulau Cipir yang jaraknya tidak terlalu jauh. Di pulau ini kita akan bisa melihat reruntuhan bangunan yang pada tahun 1911 berfungsi sebagai tempat karantina dan rumah sakit bagi jemaah haji yang baru pulang dari Mekah. Menurutku pulau Cipir lebih luas dari pada Pulau Kelor, di Pulau Cipir juga lebih banyak pepohon sehingga udaranya terasa lebih sejuk. Di salah satu sisi pulau terdapat reruntuhan bangunan yang dahulu merupakan jembatan penghubung antara Pulau Cipir dan Pulau Onrust. Menurut cerita seorang teman, jika air laut sedang surut maka kita akan bisa melihat reruntuhan jembatan tersebut.

Gerbang masuk Pulau Cipir

Sisa-sisa bangunan komplek rumah sakit dan karantina haji di Pulau Cipir

Dulunya rumah pasien karantina haji Pulau Cipir

Pulau Cipir

Rumah sakit dan karantina haji Pulau Cipir

Reruntuhan bangunan di Pulau Cipir

Dibanding Pulau Kelor, Pulau Cipir lebih rindang dan sejuk

Sisa bangunan rumah sakit dan karantina haji Pulau Cipir

Rumah pasien karantina haji di Pulau Cipir

Masa lalu yang sibuk di Pulau Cipir =)

Pulau terakhir yang kami singgahi hari itu adalah Pulau Onrust. Pulau ini memang lebih ramai dibandingkan dua pulau sebelumnya, fasilitas yang ada di pulau ini pun lebih lengkap seperti Museum, musholla, toilet, hingga warung makan yang menyediakan menu ikan bakar dan air kelapa muda. Kami melepas lelah dengan santap siang dan bermain aneka permainan di pulau ini, setelah sebelumnya menelusuri sudut-sudut Pulau Onrust yang dipandu oleh seorang pemandu.

Foto bersama setelah makan siang dan bermain di Pulau Onrust
| Foto milik Panitia

-Muara Kamal, 12 April 2015-

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kawan, buat kamu yang mau support (donasi) kegiatan KUMPUL BOCAH -nya @Indocharity tanggal 14 Mei 2015 nanti (atau kegiatan-kegiatan IndoCharity lainnya), kamu bisa hubungi narahubung yang tercantum pada poster dibawah ini =)

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

38 komentar

1. buat foto2 kece yaaa pulau2 ini :D

Balasan
    1. Lumayan. Tapi musti sabar kalau mau foto dalam keadaan kosong, soalnya pengunjung ramai sekali =)

Hapus
  2. menginspirasi mas adi. trip sekaligus beramal. liburan sekaligus membantu sesama. lanjut terus mas! :)

1. Siap hehehehe....

Terima kasih sudah mampir mas Efenerr =)

Hapus
  3. baru tadi pagi saya baca artikel di koran Kompas yang menyebutkan banyak pengunjung pulau Kelor yang memanjat dinding benteng. Ternyata di artikel ini saya melihat penampakannya secara langsung. :(

Memang butuh usaha "keras" untuk mendidik warga kita agar turut merawat peninggalan bersejarah.

BalasHapus
  4. aha. tuh kan bener. kita satu trip, kak!
    Pantes kok ya aku semacam pernah liat dirimu di mana, ternyata pernah ikut TravelNBlog yang pertama juga.
    Anw, Salam kenal :D

Balasan
    1. Salam kenal, Agita. Kamu ikutan TravelNBlog 1 ya?

Hhmmm....kemarin waktu trip Agita pakai kaos tulisannya "Pergi Jauh" ya??

Hapus
    2. Oalah...iya iya, Menuju Jauh maksudnya hahahhaha...maaf :)

5. Aku blm perna dari muara kamal, lumayan jauh yessss

Balasan
    1. Iyes...tapi muara kamal lebih sepi dibanding Muara Angke, kak Cumi :)

6. Langitnya bersih banget, maaasss. Fotonya kece :D

1. se-kece yang kasih komentar hehehehe

Terima kasih mas Nugi :)

Hapus
  7. Wah! Asyiknya jalan-jalan ke pulau!
    Btw, cobain liburan ala Jessica Iskandar, deh! http://travel.grivy.com/h/i/127114331-jedar-liburan-di-bali-ala-jessica-iskandar

Josefine Yaputri
    Content Writer & Editor
    PT. Grivy Dotcom
    P: +62(0)21 2960 8168
    Office 8 Tower, Floor 18A
    Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53
    Jakarta Selatan, 12190, Indonesia

BalasHapus
  8. info menarik yang bisa menjadi acuan bagi pengunjung terima kasih banyak admin

9. banyak nya informasi berkunjung ke sini menambah wawasan bagi saya trus memberikan yang bermanfaat buat semua orang.

10. menambah wawasan menjadi luas dan mendapatkan informasi yang bermanfaat terima kasih atas pencerahaanya admin.

BalasHapus
  11. hal pertama berkunjung ke blog ini adalah artikel yang bermanfaat dan banyak sekali informasi kunjungan balik

12. hal yang pertama berkunjung ke blog ini adalah informasi yang bermanfaat dan menambahkan wawasan kita dan pengetahuan buat kita semua terima kasih admin

13. tidak bisa kita pungkiri lagi setiap blog memberikan berita yang bermanfaat dan berguna bagi semua yang berkunjung. kunjungan balik yah

BalasHapus
  14. banyak tempat untuk menambah pengetahuan yang bermanfaat, seperti berkunjung ke website ini terima kasih admin..kunjungan balik

15. hal pertama berkunjung ke blog ini adalah information yang bermanfaat dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

16. dari sekian banyak blog yang saya kunjungi baru blog ini yang menurut saya menarik dan enak di baca artikelnya terima kasih admin.

BalasHapus
  17. memberikan banyak manfaat dan pengetahuan buat saya pribadi terima kasih admin

18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.